'PRJ (punk rock jalanan

'PRJ (punk rock jalanan
PRJ

Kamis, 03 Februari 2011

PRJ {Punk rock Jalanan

Jalan hidup kita berbeda, aku hanyalah punk rock jalanan
Yang tak punya harta melimpah, dirimu salah..

Bagi Anda para pengguna kendaraan umum terutama bus, barangkali sudah tidak asing lagi dengan penggalan lirik lagu di atas. Penggalan lirik lagu di atas adalah penggalan lirik lagu Punk Rock Jalanan yang menjadi salah satu ‘lagu kebangsaan’ para pengamen jalanan belakangan ini. Bahkan salah satu orkes melayu di Jawa Timur mengabadikan lagu ini lewat rekaman live-nya yang sudah rapi terformat dalam mp3. Saya sendiri kurang dari mana datangnya lagu tersebut, namun menurut informasi dari mulut ke mulut melalui temen saya, lagu Punk Rock Jalanan ini secara tidak sengaja menjadi populer lantaran beredarnya ‘rekaman live’ lagu tersebut yang tengah dibawakan oleh beberapa anak jalanan yang sedang mengamen. Bahkan juga menurut temen saya lagi, lagu tersebut terdiri dari 2 versi dengan lirik yang berbeda. Entahlah, saya sendiri juga kurang tahu dengan kebenaran berita itu.

Seperti kebanyakan lagu-lagu pengamen lainnya, tema lagu ini juga lekat sekali dengan tema sosial jalanan selain juga tema cinta tentunya. Dari lagu ini kita bisa menangkap maksud tersurat bahwa mereka (anak-anak jalanan) selain terpinggirkan dari segi sosial pendidikan, mereka juga merasakan keterpinggiran dalam soal asmara dimana perbedaan status dan kekayaan lagi-lagi menjadi pengahalang kehidupan asmara mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar